a.k.a.??

26 Juni 2008

Sekarang ini sedang diadakan suatu event olahraga "jalanan" yg disponsori oleh satu merk rokok. Sebenarnya saya juga nggak tahu apa event itu akan, masih, atau sudah selesai dilaksanakan. Saya nggak peduli, karena bukan eventnya yang akan saya bahas.

Untuk promosi -entah promosi event atau rokok- tentunya ada iklan, dan salah satunya adalah dengan media televisi. Pada iklan-iklan ini ditampilkan atlit-atlit berbagi tip-tip tentang olahraga tersebut. Iklannya banyak, tapi konsepnya sama. Samanya adalah cara atlit-atlit itu memperkenalkan diri. Begini:
"nama gue..." dia menyebutkan namanya, lalu
"a.k.a. Gue..." dan dia menyebutkan nama panggilannya -sepertinya sih nama panggilan.

Setahu saya, a.k.a. itu kepanjangannya adalah "as known as" atau "alias". Sepertinya lebih pas kalau si atlit memperkenalkan diri dengan cara seperti ini:
"nama gue..." dia menyebutkan namanya, lalu langsung disambung
"a.k.a...." dan dia menyebutkan nama panggilannya.

Beda lagi dengan "nick name" atau "nama panggilan", ini baru bisa digunakan untuk memperkenalkan diri seperti di iklan-iklan itu. Seperti ini:
"nama gue..." dia menyebutkan namanya, lalu
"nick name Gue..." dan dia menyebutkan nama panggilannya.


Sayang sekali acara sebesar itu dan produk rokok setenar itu bisa "kalah" hanya karena penggunaan istilah dan susunan kata yg kurang tepat. Sayang sekali.

0 komen:

kotak berteriak

rating-rating ratinglah

cari-cari carilah

amazone produck previews

  © Free Blogger Templates Nightingale by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP