belajar SEO lagi karena nyoba lagi meng usaha kan blog (lagi)

03 Juni 2013

beberapa waktu terakhir ini, setelah kejadian kebongkaran (bisa dilihat di sini), saya sangat fokus ke usaha saya di Butik Batik Pranandari. bahkan saya meninggalkan urusan-urusan pribadi seperti ngurusin motor, olahraga (fitness, sepeda, apalagi parkour) dan hang out bersama sobat-sobat saya.

salah satu cara saya fokus di usaha saya tersebut adalah dengan meningkatkan kehadiran saya, diusahakan setidaknya lima jam sehari - pelaksanaannya, malah bisa seharian saya nangkring di butik. dengan "hadir", saya bisa mengetahui dengan persis apa yang terjadi, apa kekurangan dan kelebihan usaha saya.

yang pasti, dengan kondisi sekarang ini, saya agak kerepotan "berjalan" untuk memroduksi stok, atau menjahit pesanan customer. memroduksi stok, keuntungan bisa lebih banyak, tapi belum tentu kapan laku nya. menjahit pesanan customer pasti laku, pasti dibayar, tapi tingkat kesulitannya lebih tinggi, ribet. mulai dari desain, cari bahan variasi, mengukur custom, fitting, dan sebagainya.

selanjutnya, sekarang saya sedang mencoba membuat busines plan baru. coba mendesain produk baru, line-line baru, dan membuat sampel-sampel. masalah ada di permodalan. istilahnya, bahkan bikin sampel pun pakai uang. so, itulah tantangannya, gimana caranya mengadakan sesuatu yang perlu pakai uang, dengan kondisi keuangan pas-pasan. "bongkar celengan" lah, cari-cari pinjaman lunak lah, daaann sebagainya.

untuk marketing... sejujurnya, usaha saya ini masih minim marketing. masih mengandalkan kepada marketing "mulut ke telinga" pelanggan yang puas saja. belum pernah pasang iklan di koran, radio, majalah dan lain-lain. maka sekarang saya sedang mencoba marketing online, dengan membuat blog untuk usaha saya. ini linknya. sekarang masih berupa blog, tapi nantinya bakal dibuat web untuk dagang online. tentunya dengan domain (dot)com. sementara saya masih mencoba memantapkan konsep, dan mencoba memastikan bahwa saya bisa konsisten menjalankannya.

mulailah saya belajar lagi tentang SEO alias search engine optimization. gimana cara daftar blog ke search engine, backlink, ngulik keyword, ngulik sitemap daaann lain-lain. SEO pernah juga saya pelajari sekitar dua tahun yang lalu. yaah, nggak belajar betulan dengan mengambil kelas dan lain-lain, hanya coba-coba dan tanya-tanya kepada yang sudah lebih berpengalaman.
intinya saya mencoba mengaktifkan marketing tools yang sudah ada, sudah lumrah digunakan. strategi yang baru belum lah dikeluarkan. biasa, senjata pamungkas disimpan di belakang, ketika jagoan hampir mati. tools marketing tersebut misalnya fan page facebook, twitter, kaskus, bukalapak, tokobagus saya aktifkan. tetapi semuanya pada akhirnya akan mengerucut ke blog tersebut.

sementara sekian dahulu.

terimakasi.

0 komen:

kotak berteriak

rating-rating ratinglah

cari-cari carilah

amazone produck previews

  © Free Blogger Templates Nightingale by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP